Web dan Internet, Ramuan yang ‘Memabukkan’ Dunia

Web dan Internet, Ramuan yang ‘Memabukkan’ Dunia

WORKER GLOBEJakarta -Rabu (12/3) pekan lalu, dunia maya alias Internet telah berulang tahun yang ke-25. Tak dapat diragukan lagi adalah bahwa web alias Internet telah mengubah wajah kemanusiaan untuk selamanya.

Internet yang dimaksud di sini bukanlah jaringannya, melainkan world wide webalias WWW yang kita kenal saat ini.

Penemu web adalah Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan fisika asal Inggris. Web itu bermula dari ide Berners-Lee untuk menciptakan sebuah jaringan komunikasi antara ribuan ilmuwan yang terlibat dalam proyek CERN, organisasi riset nuklir Eropa, di Swiss.

Berners-Lee adalah seorang fisikawan berusia 34 tahun, yang bekerja sebagaisoftware engineer di CERN sejak 1980. Pada 12 Maret 1989, dia mengajukan proposal mengenai konsephypertext yang dibangunnya dalam sebuah purwarupa bernama ENQUIRE. 

Pada saat itu, CERN adalah internet node terbesar di Eropa. Berners-Lee melihat peluang menggabungkanhypertext dengan jejaring Internet.

Web adalah sistem dokumen hypertext tertaut yang bisa diakses di jaringan Internet. Dengan sebuah peramban, kita bisa menyaksikan halaman web yang berisi teks, gambar, video, dan konten multimedia lainnya, serta bernavigasi di antaranya melalui hyperlinks.

Tanpa web, Internet hanyalah jaringan belaka. Web adalah infrastruktur yang membuat siapapun bisa terhubung dan berbagi informasi melalui perangkat komputer dan komunikasi.

Web telah membuat siapapun bisa menggunakan Internet dan populasinya terus melonjak luar biasa. Sebagai contoh di Amerika Serikat, pada 1995 hanya 14 persen dari populasi AS yang memakai Internet. Saat ini persentasenya sudah mencapai 87 persen.

Bagaimana dengan di dunia? World Wide Web Foundation mencatat, 2 dari 5 penduduk dunia terhubung via web. Setiap menit, miliaran orang saling berkirim ratusan juta pesan, berbagi 20 juta foto, dan berbelanja barang atau membeli jasa senilai US$ 15 juta.

Jumlah website pun luar biasa. Kalau pada 1993 jumlahnya hanya 130, kini sudah ada lebih dari 600 juta website dengan jumlah sekitar 4,1 miliar halaman. Catatan Google, yang didirikan pada 1998, volume pencarian pada 1998 hanya 10 ribu per hari, pada 2012 telah mencapai 3 miliar per hari, dan terus meningkat.

Pernahkah Tuan Berners-Lee mengira bahwa ciptaannya telah ‘memabukkan’ manusia? Dia menggeleng. “Saya tak mengira sama sekali,” katanya kepada kantor berita BBC, pada pekan lalu. “Dulu bahkan ide Web itu adalah ide yang gila.”

sumber : finance.detik.com