Tips Membuat Resolusi yang Realistis Agar Keuangan Membaik di 2014

Tips Membuat Resolusi yang Realistis Agar Keuangan Membaik di 2014

keuanganJakarta – Setiap orang memiliki resolusi setiap tahun, akan tetapi, banyak yang gagal melakukannya terutama ketika resolusi tersebut terkait dengan keuangan atau menambah penghasilan. Tidak jarang dari mereka yang berharap bisa memiliki beberapa bisnis tapi selalu gagal menjalankannya. Berikut tips membuat resolusi yang realistis agar keuangan membaik di 2014.

1. Buat Daftar Resolusinya
Financial Planner, Lisa Soemarto, menyarankan agar membuat daftar resolusinya. Misalnya saja Anda berencana membangun bisnis, memiliki pekerjaan sampingan, mendapat promosi jabatan, atau pindah pekerjaan. Pikirkan secara matang, hal-hal apa yang Anda inginkan di 2014.

2. Tuliskan Daftarnya
Tidak hanya dipikirkan, tapi juga ditulis dalam notes atau gadget Anda. Tulis secara rinci rencana ke depan berikut tindakan yang akan dilakukan. Sebaiknya, hanya menuliskan hal-hal yang sudah pasti bisa dijalani.

“Ini ada hubungannya dengan orang lain juga, kalau mau bikin bisnis kan harus kerja sama dgn orang lain, jadi realistis saja. Akhir tahun sudah hitung-hitung itu dengan orang-orang yang akan kerja sama. Jadi kita sudah tahu ini bisa dijalani tahun depan apa nggak. Jadi yang kira-kira bisa dijalani langsung bikin list,” jelas Lisa kepada Wolipop di kafe Pand’Or, Jakarta Selatan, Selasa (7/1/2014).

3. Buat Goal-nya
Lisa menyarankan agar membuat tujuan akhir dari resolusi tersebut. Sebagai contoh, bila berhasil menjalankan bisnis online shop busana anak, uangnya akan dipakai liburan bareng keluarga. Goal setting akan memotivasi Anda untuk mewujudkan resolusi tersebut.

“Goal itu kan jadi target kita, setiap tahun harus ada, dan itu akan memotivasi kita. Lalu jangan lupa kita lihat ke belakang, apa saja sih resolusi tahun kemarin yang belum tercapai. Apa yang menyebabkan nggak bisa, gimana tahun ini agar tercapai,” saran Senior Partner dan Advisor di Akbar’s Financial Check-up itu.

4. Disiplin Diri
Menurut Lisa, resolusi yang gagal itu karena tidak disiplin diri. Banyak orang hanya menuliskan resolusi dengan matang tapi kurang kemauan menjalankannya. Ingat, resolusi diwujudkan untuk diri sendiri bukan orang lain. Jadi bila gagal, itu hanya akan mempengaruhi keuangan Anda bukan orang lain.

 

sumber ; wolipop.detik.com