TIPS : Mau Liburan Lancar? Ini dia Cara Mengatur Anggaran Liburan Agar Tidak Over Budget

TIPS : Mau Liburan Lancar? Ini dia Cara Mengatur Anggaran Liburan Agar Tidak Over Budget

liburanJakarta – Ketika hendak berlibur seringkali Anda mengabaikan anggaran dana untuk liburan. Anda Sudah menyiapkan anggaran tersebut jauh-jauh hari, tapi ternyata masih over budget. setelah berlibur bukan mengurangi stres, tapi justru malah Anda menjadi pusing karena harus memikirkan dana liburan yang keluar berlebihan.

Memang, liburan untuk bersenang-senang. Tapi bukan berarti Anda harus melupakan kehidupan Anda usai liburan bukan?

Berikut adalah cara menganggarkan anggaran dana liburan Anda agar bebas over budget. Berikut ulasannya:

1. 20% untuk Penginapan
Pesanlah penginapan dari jauh-jauh hari, penting agar Anda dapat memilih tempat penginapan sesuai pilihan Anda dan dana yang Anda miliki. Memilih penginapan jauh-jauh hari juga dapat mengurangi risiko tidak kebagian tempat menginap jika sedang musim liburan.

2. 20% untuk Makan
Mulailah membuat recana dan menghitung biaya Anda untuk keperluan makan di sana. Biasanya dana ini banyak menghabiskan anggaran liburan Anda. Sebisa mungkin untuk mematuhi dana yang sudah Anda rencanakan. Untuk menghemat dana makan, siapkan camilan dari rumah. Selain menghemat tentu juga lebih sehat.

3. 25% untuk Transportasi
Sisihkan 25% dari dana liburan Anda untuk transportasi selama di tempat Anda berlibur. Sebelum berangkat siapkan tiket pulang-pergi, dan transportasi selama di tempat liburan. Hal ini penting untuk mencegah saat Anda menghabiskan banyak uang untuk berbelanja, Anda masih bisa pulang.

4. 15% untuk Dana Cadangan
Menyiapkan dana cadangan sangat penting. Sebanyak 15% dari dana liburan Anda cukup sebagai dana cadangan. Dana ini berfungsi untuk membiayai hal tidak terduga saat liburan. Tentu Anda tidak dapat menebak apa yang akan terjadi nantinya.

5. 20% untuk Oleh-Oleh
Tentu akan menyenangkan saat pulang dari liburan dapat membeli oleh-oleh untuk orang-orang terdekat. Tapi sayangnya oleh-oleh seringkali menjadi penyebab over budget saat liburan. Sebaiknya buat daftar siapa saja yang akan Anda belikan oleh-oleh, dan apa saja yang rencananya akan Anda beli.

Itulah rincian anggaran yang dapat Anda rencanakan saat Anda akan berpergian untuk liburan agar tidak over budget. Kuasai keuangan Anda. Semoga bermanfaat.

 

sumber : finance.detik.com