Tips : Ini dia Pola Pikir yang bisa Kendalikan Uang Anda,

Tips : Ini dia Pola Pikir yang bisa Kendalikan Uang Anda,

kauangan_lebaranJakarta – Dalam mengendalikan pengeluaran dan pemasukan keuangan dibutuhkan pola pikir yang tepat. Karena pola pikir Anda sangat berpengaruh dalam sikap Anda mengelola keuangan Anda. Jadi jika Anda hemat atau boros itu sebagian besar berasal dari pola pikir Anda dalam mengatur keuangan Anda sendiri.

Berikut pola pikir yang harus Anda bangun agar keuangan Anda bisa terkendali secara tepat :

1. Gunakan uang pada hal penting
Menabung dan mengurangi utang mampu membuat diri Anda mendapatkan pendapatan yang lebih baik daripada sebelumnya. Dengan demikian Anda dapat menggunakan uang untuk apapun yang diinginkan. Namun Anda juga harus cukup sadar bahwa untuk membuat kenangan dengan orang lain juga membutuhkan uang.

Dengan membuat kenangan, maka Anda akan menciptakan relasi dengan orang-orang di sekitar. Hal ini jelas lebih berharga dibandingkan apa pun. Tetapi selain waktu dengan teman, Anda juga bisa menggunakan uang untuk keterampilan baru. Anda bisa mulai untuk mengambil les musik.
2. Uang adalah alat, bukan tujuan
Uang adalah alat Anda dalam mencapai tujuan Anda. Bila Anda memiliki tabungan mungkin tidak akan terlalu memikirkan hal ini. Tetapi, bila punya tujuan, maka Anda bisa memanfaatkan tabungan sebaik-baiknya demi mencapai tujuan Anda. Dengan demikian, Anda harus mulai berpikir bahwa uang akan membantu untuk mencapai tujuan, bukan dengan menumpuk sebanyak-banyaknya sebagai tujuan.

3. Pikirkan jangka panjang
Apa yang Anda lakukan dengan uang Anda hari ini akan berdampak pada kehidupan Anda 5, 10, atau bahkan 50 tahun mendatang. Kehidupan seperti apa yang Anda inginkan? Apakah Anda akan mengejar gelar yang lebih tinggi sedangkan masih punya utang? Bagaimana Anda ingin menghabiskan masa pensiun?

Kadang-kadang mungkin Anda tidak memikirkan transaksi keuangan sehari-hari sehingga lupa mengenai masalah keuangan di masa depan. Namun, penting untuk memeriksa secara berkala segala tagihan Anda saat ini untuk jangka panjang.

4. Uang dihasilkan dari sesuatu yang berharga
Pastikan Anda menyamakan uang dan pendapatan dengan penciptaan nilai. Dalam rangka untuk mendapatkan lebih banyak uang, Anda harus mencari lebih banyak cara untuk menciptakan nilai. Anda dapat melakukan ini dengan mengambil tanggung jawab baru di tempat kerja, mencari pekerjaan yang lebih dihargai, atau dengan memulai sebuah bisnis yang memberikan nilai luar biasa kepada pelanggan.

5. Investasi bisa dilakukan semua orang
Saat ini, teknologi sudah memungkinkan siapa saja untuk menjadi seorang investor dan menaruh uang mereka untuk investasi. Bahkan jika Anda seorang pemula, ada banyak sumber yang tersedia secara online untuk mengajarkan Anda dasar-dasar investasi.

Kunci sukses berinvestasi adalah memulai dari awal. Semakin awal Anda memulai, semakin banyak pendapatan yang diperoleh. Ketika Anda membuat rencana keuangan, pastikan untuk memikirkan sebuah investasi.

6. Uang harus diatur dengan baik
Walau pun sekarang ini kemajuan teknologi sangat pesat dan dapat mempermudah Anda untuk menabung, berinvestasi, dan membayar tagihan, Anda masih harus mengambil langkah lain untuk mengelola uang.

Anda tidak dapat mengatur dan kemudian melupakannya begitu saja. Lihat semua akun Anda secara teratur untuk memastikan semuanya bekerja seperti yang direncanakan. Sistem bisa saja rusak sewaktu-waktu.