Tips : 8 Jurus Jitu Menjadi Seorang Wirausaha Sukses

Tips : 8 Jurus Jitu Menjadi Seorang Wirausaha Sukses

cermatJakarta -Bagaimana pandangan orang-orang sukses mengenai ‘apa itu uang?’

Menjadi seorang wirausahawan bukanlah hal yang mudah, ketika memutuskan menjadi seorang pengusaha, maka secara tidak langsung kamu harus siap menghadapi segala rintangan yang akan muncul, ketika kamu mulai menjalani bisnismu kelak. Miskinnya ilmu berbisnis serta kurangnya arahan dan nasihat dalam menjalankan bisnis, seringkali menimbulkan efek depresi.

Namun hal tersebut bukanlah suatu hambatan dan justru merupakan suatu proses pendewasaan diri dalam mengembangkan bisnis yang kamu tekuni.

1. Visimu adalah Tolak Ukur Ketekunanmu

Mimpi besarmu tidak akan terwujud dengan baik tanpa kamu mengusahakan untuk meraihnya dengan ketekunan dan keinginan agar terus maju ke depan. Karena betapa besar pun hambatan yang akan kamu hadapi kelak sesungguhnya semua akan kembali kepada pilihanmu, apakah kamu ingin tetap menjalaninya atau justru memutuskan untuk berhenti menghadapinya.

Maka oleh karena itu ketekunan amatlah dibutuhkan agar dirimu selalu menjadi pribadi yang lebih kuat dan selalu ingin terus berusaha meraih kesuksesan yang telah kamu impi-impikan.

2. Rencanakanlah dan Aturlah Dengan Baik

Dalam memulai bisnis maka tak dapat kita pungkiri, sesungguhnya suatu perencanaan yang matang amatlah dibutuhkan agar dapat membantu kamu dalam memetakan permasalahan yang akan timbul dan langkah jitu apakah yang harus diambil guna menanganinya.

Dalam penyusunan suatu rencana bisnis, tingkat kedetilan dan kerapihan strukturalnya memang merupakan suatu poin penting dalam mengatur bisnis yang akan kamu jalani kelak. Namun pada proses penerapannya nanti seringkali pula kita temui situasi-situasi yang tak terduga. Oleh karenanya susunanlah perencanaan bisnis yang bersifat fleksibel agar dapat kamu gunakan dalam menanggulangi permasalahan-permasalahan bisnis seperti ini.

3. Pintar-pintarlah Memanfaatkan Sumber Daya yang Ada

Mencari model bisnis yang cocok untuk diterapkan dalam usahamu memanglah suatu hal yang amat sulit untuk dipikirkan. Dan oleh karenanya janganlah sungkan untuk mengadaptasi model bisnis yang telah ada. Karena sesungguhnya menggunakan aplikasi usaha yang sesuai dengan gaya berbisnis kita jauh lebih mudah dibandingkan dengan menginstal semuanya dari awal.

Karena metode seperti ini selain dapat menghemat waktu dan kamupun tidak perlu pusing-pusing memikirkan dan mengkonsepkan bisnismu dari awal.

4. Fokuslah Pada Keahlianmu

Jika kamu telah memiliki keahlian padang bidang usaha tertentu, maka pastikan untuk menjadikan keahlianmu itu fokus utamamu. Menjadi ahli dalam bidang usaha yang kamu sukai menjadikan suatu nilai lebih yang tak ternilai dibandingkan dengan kamu berusaha pada bidang lain yang kurang kamu mengerti.

Ingatlah berusaha untuk menjadi ahli dalam semua bidang usaha justru dapat merusak fokus utamamu. Apabila memerlukan, maka rekrutlah orang-orang terbaik pada bisnismu untuk membantumu menjalani bidang lainnya.

5. Tingkatkan Terus Efektivitas dan Efesiensi

Efektivitas dan efesiensi merupakan hal yang amat baik untuk selalu ditingkatkan dalam berbagai hal. Dan kamu dapat memulainya dengan mencoba menentukan serta mengatur skala prioritas dalam proses bekerja hal ini tentunya dapat membantumu untuk menyelesaikan pekerjaanmu dengan lebih cepat.

6. Kesehatanmu Prioritas Utamamu

Selain menjaga agar proses berjalannya usahamu aman dari segala rintangan yang menghadang. Kamu juga berkewajiban untuk menjaga kesehatan fisik dan psikismu agar tetap fit dan sehat. Serta ingatlah kondisi tubuh dan jiwa yang kian memburuk akibat terlalu sibuk bekerja, juga dapat dikategorikan sebagai hambatan berwirausaha lho… karena apabila kamu sakit maka bukan hal yang tidak mungkin kamu akan mengalami kegagalan dalam menggapai cita-cita besarmu.

7. Jangan Takut Menjadi Seorang Pemimpi Besar

Mimpi besar untuk menjadi orang yang sukses sesungguhnya merupakan suplemen khusus yang mampu membantu mental kamu, agar menjadi lebih kuat dalam menghadapi terjalnya perjalanan berbisnis. Seiring berjalannya waktu, maka kelak kamu pasti kamu akan menemui hambatan-hambatan besar dalam berbisnis. Nah untuk itu mimpi besar diperlukan untuk membantu kamu agar tetap fokus pada tujuan besar yang ingin kamu raih dalam dunia usaha.

8. Jadikan Humor Sebagai Pemanis Kehidupan Berbisnis

Ketika kamu tengah dilanda stres yang di akibatkan oleh semua beban pikiran yang ada. Maka tertawa adalah obat yang mujarab untuk menghilangkan beban pikiran tersebut. Jadi tertawalah untuk mengurangi beban pikiran yang melandamu selama kamu menjalani proses berbisnis. Karena hal tersebut juga mampu meningkatkan aura positif dari dalam diri kamu.

 

sumber : Tung Desem Waringin – detikfinance