Tips : 4 Cara Mewujudkan Resolusi Finansial Anda

Tips : 4 Cara Mewujudkan Resolusi Finansial Anda

Jakarta – Apakah Anda mempunyai resolusi finansial di tahun ini? Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika, 88% resolusi tahun baru gagal untuk diwujudkan.

Masalahnya karena banyak orang tidak membuat resolusi mereka secara spesifik, sehingga tidak benar-benar tahu apa yang ingin diwujudkan. Alasan lainnya karena resolusi terlalu ambisius dan tidak sesuai dengan kemampuan.

Tapi jangan putus asa dulu, resolusi finansial berikut ini cukup sederhana sehingga bisa diwujudkan siapa saja:

1. Membuat budget
Membuat anggaran dan mencatat anggaran sudah semakin mudah dengan tersedianya berbagai aplikasi yang bisa diunduh lewat smartphone. Setelah belanja, langsung catat sehingga Anda bisa tahu berapa jumlah pengeluaran dalam sebulan.

2. Membayar tagihan atau utang
Tagihan kartu kredit dan lainnya mungkin terlihat sulit dilunasi. Namun melunasinya di tahun 2017 bukan mustahil asal Anda punya komitmen. Mulailah dengan membayar tagihan dengan jumlah terkecil atau bunga terbesar.

3. Membangun dana darurat
Perencana keuangan menganjurkan setiap orang untuk memiliki dana darurat sebesar setidaknya tiga bulan penghasilan. Mungkin mengumpulkan sebanyak itu terkesan sulit. Tapi Anda bisa membangunnya secara perlahan mulai sekarang.

4. Mulai berinvestasi
Mulailah berinvestasi demi masa depan Anda, investasi bisa dalam berbentuk saham, reksa dana, atau deposito. Namun yang paling penting adalah investasi leher ke atas, yakni terus mengembangkan pengetahuan dan kemampuan Anda.

Itulah beberapa tips untuk mewujudkan resolusi keuangan Anda pada tahun ini. Semoga bermanfaat. Hasil Intisari Pemikiran Dan Praktik Saya Selama 20 Tahun. Dari Biasa Saja Menjadi Hingga DAHSYAT.

 

sumber : finance.detik.com