Tips : 4 Cara Ampuh Agar Kondisi Keuangan Sehat di Masa Depan

Tips : 4 Cara Ampuh Agar Kondisi Keuangan Sehat di Masa Depan

keuanganJakarta -Menjadi sukses dan kaya raya, pada dasarnya bukan perkara turunan atau warisan saja. Sebab kalau mau berusaha kamu bisa menentukannya. Dalam beberapa kesempatan, mungkin kamu kerap iri melihat orang-orang kaya yang memiliki hidup serba glamor. Bagimu, mereka yang memilki banyak uang kerjanya hanya berfoya-foya saja, tapi entah kenapa kekayaan mereka terus bertambah.

Padahal, kehidupan mewah yang dimiliki para orang kaya sebenarnya memiliki banyak strategi, yang membuat mereka bisa terus menambah kekayaannya.

Orang awam cenderung fokus pada jumlah uang yang mereka miliki, setelah itu mencari-cari cara bagaimana mempertahankannya. Selain itu mereka sangat ingin mendapat penghasilan yang besar, tapi tidak tahu bagaimana cara untuk mendapatkannya. Ini tragis memang, di mana keinginan lebih besar dibanding usahanya.

Kunci utama agar kamu bisa menjadi kaya adalah dengan mengelola keuangan dengan baik. Ini sudah pasti ampuh, karena orang-orang kaya terbukti sangat piawai dalam melakukannya. Untuk itu, berikut beberapa strategi jitu agar kondisi keuangan kamu sehat di masa depan.

Investasi jangka panjang
Di awal investasi, seringkali orang-orang mengeluh kenapa uang yang sudah diinvestasikan tidak kunjung menjadi banyak. Oleh karenanya agar kondisi ini tidak semakin menjadi-jadi, sebelum itu kamu harus tahu dulu bahwa uang yang diinvestasikan bisa beranak-pinak kalau melakukannya dalam jangka waktu panjang atau lebih dari 10 tahun. Dengan jangka waktu yang lama, pergerakan dan pertumbuhan uang yang kamu investasikan akan terlihat.

Gunakan Uang Tunai
Meskipun kamu memiliki kartu kredit atau debit di dompet. Tapi ketika berbelanja di mal atau hypermarket, upayakan menggunakan uang tunai dalam setiap transaksi. Kalau kamu tidak rajin memeriksa uang tabungan atau mencatat pengeluaran, menggunakan kartu debit hanya akan membuat kamu kebablasan menggunakan uang. Terlebih lagi jika kamu menggunakan kartu kredit, kalau sudah terlalu konsumtif. Ke depannya akan ada utang menumpuk yang menuntut kamu untuk segera melunasinya.

Memiliki Gaji Besar Baru Menabung?
Pemikiran ini salah besar apalagi jika kamu terapkan. Karena bila kamu memiliki kemauan yang kuat untuk menabung, seberapa kecil pun jumlah uang kamu miliki, kamu masih bisa menabung. Menabung bukan berdasarkan jumlah uang yang kamu miliki, melainkan jangka waktu dan kedisiplinan yang paling penting. Oleh sebab itu, jangan jadikan penghasilan yang sedikit sebagai alasan kenapa kamu tidak kunjung menabung untuk masa depan.

Sempatkan Waktu Bersenang-senang
Berhemat memang bisa membuat keuanganmu sehat di masa depan. Namun, jangan terlalu berlebihan juga. Karena apa pun yang berlebihan pasti hasilnya tidak baik. Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah gaya hidup seperti ini membuatmu bahagia? Atau malah membuatmu stress? Oleh karenanya, agar tidak tertekan, pilih satu atau dua hari dalam seminggu untuk menyempatkan waktu bersenang-senang bersama keluarga, teman, sahabat atau pasangan. Tetapi ingat, batasi pengeluaran sedikit mungkin.

sumber : finance.detik.com