Tingkatkan literasi keuangan, OJK luncurkan Aplikasi Sikapiuangmu

Tingkatkan literasi keuangan, OJK luncurkan Aplikasi Sikapiuangmu

ojk-aplikasiJAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah meresmikan Pusat Edukasi, Layanan Konsumen dan Akses Keuangan UMKM yang disingkat PELAKU. Wasit lembaga jasa keuangan ini juga meluncurkan mobile application Sikapiuangmu berbasis android dan iOS.

Keduanya merupakan bagian dari implementasi Pilar 2 Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia yaitu upaya OJK untuk memperkuat infrastruktur yang mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Darmansyah Hadad mengungkapkan, keberadaan PELAKU dan peluncuran mobile application Sikapiuangmu ini diharapkan dapat menjadi ujung tombak dalam rangka mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

“Sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera,” kata Muliaman di Jakarta, Selasa (22/12).

OJK menginisiasi pembuatan mobile application Sikapiuangmu OJK untuk platform android dan iOS. Aplikasi Sikapiuangmu merupakan aplikasi ponsel yang dibangun sebagai media yang membantu masyarakat untuk mengetahui tips pengelolaan keuangan dan merencanakan keuangannya dengan lebih baik.

“Pembuatan aplikasi ponsel juga diharapkan dapat menjangkau masyarakat yang berada di daerah terpencil,” ucap Muliaman.

Fitur yang disediakan pada aplikasi ponsel berupa fitur tips dan artikel keuangan, fitur kegiatan edukasi, fitur perencanaan keuangan dan fitur mini survei. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai alat pengukur literasi keuangan masyarakat melalui mini survei. Saat ini aplikasi sudah tersedia untuk diunduh dan dipasang melalui Google Play Store dan App Store.

 

sumber : keuangan.kontan.co.id