Tiga Hal yang Sebabkan Pertumbuhan Ekonomi RI Menjadi Lambat

Tiga Hal yang Sebabkan Pertumbuhan Ekonomi RI Menjadi Lambat

lahanJakarta -Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi triwulan III-2013 hanya 5,62% (year on year). Pertumbuhan ini kian melambat ketimbang pencapaian di triwulan II-2013 yang mampu mencapai 5,8%.

Ada tiga penyebab utama dalam perlambatan ini. Pertama adalah nilai tukar dolar yang sempat mencapai angka di atas Rp 11.000. Ini pastinya berdampak pada perdagangan luar negeri.

“Ini karena nilai tukar rupiah yang melemah dari bulan Juni 2013, secara sebelumnya berada pada kisaran Rp 9800-an per dolar AS berubah menjadi Rp 11.000 per dolar AS. Ini tentunya berdampak pada perdagangan luar negeri,” ujar Kepala BPS Suryamin di Gedung BPS, Jakarta, Rabu (6/11/2013)

Kemudian yang kedua adalah kenaikan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia (BI) menjadi 7,25%. Ini dikarenakan keinginan bank sentral untuk ikut memperbaiki defisit transaksi berjalan.

“BI rate juga meningkat 6% dari Juni menjadi 7,25% di September. Ini juga berdampak ke biaya produksi,” ujarnya.

Ketiga adalah terkait inflasi yang melonjak di atas 4% pada bulan Agustus 2013. Penyebabnya adalah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan pengaruh dari lebaran idul fitri yang membuat harga barang ikut naik.

“Inflasi tinggi ini berpengaruh dengan daya beli,” sebut Suryamin.

 

sumber : finance.detik.com