Tahun ini, ada 2.600 program edukasi keuangan

Tahun ini, ada 2.600 program edukasi keuangan

Program Literasi Keuangan dan Edukasi Bank Muamalat - OJKJAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan, pihaknya menyiapkan program edukasi keuangan di 24 kota di Indonesia di sepanjang tahun ini. Edukasi untuk membuat masyarakat melek keuangan tersebut ditujukan untuk anak sekolah, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga hingga pensiunan, dengan prioritas ibu rumah tangga dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.

Di luar program edukasi yang disiapkan, OJK juga mensyaratkan pelaku usaha jasa keuangan untuk memberikan edukasi. Kewajiban setiap pelaku usaha jasa keuangan mengedukasi masyarakat dengan sedikitnya satu program itu tertuang dalam Peraturan OJK tentang perlindungan konsumen.

“Itu artinya, tahun ini, akan ada 2.600 program edukasi keuangan, karena ada 2.600 pelaku usaha jasa keuangan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Kusumaningtuti S Setiono, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan OJK, Kamis (7/8).

Berdasarkan hasil survey OJK pada tahun 2013, tingkat literasi keuangan baru mencapai 21,8% dari total penduduk Indonesia, dengan tingkat utilisasi atau pemanfaatan sektor jasa keuangan sebanyak 59,7%. Kebanyakan tingkat literasi dan utilisasi ini masih didominasi sektor perbankan.

 

sumber : keuangan.kontan.co.id