Pemerintahan Tutup, AS Merugi Rp 125 Miliar per Jam

Pemerintahan Tutup, AS Merugi Rp 125 Miliar per Jam

Washington – Inilah harga yang harus dibayar pemerintah AS setelah pemerintahannya kembali ditutup sejak 17 tahun lalu.

Ongkosnya, sekitar US$ 1,6 miliar per minggu, US$ 300 juta per hari dan US$ 12,5 juta per jam. Jika menggunakan kurs rupiah maka pemerintah AS merugi Rp 125 miliar per jam!

Estimasi tersebut dikeluarkan oleh Lembaga Konsultan Ekonomi IHS Global Insight seperti dikutip detikFinance dari CNBC, Rabu (2/10/2013).

Pemerintah AS telah merumahkan 800.000 pekerja federal. Menurut IHS, tidak membayar karyawan federal yang dianggap bagian dari Produk Domestik Bruto merupakan kerugian. Karena semua barang dan jasa stop produksi.

“Jadi tidak membayar untuk pekerja berarti tidak ada kontribusi terhadap output ekonomi AS,” jelas Direktur Riset Finansial Ekonomi, Paul Edelstein.

Walaupun US$ 300 juta kerugian AS per hari, namun itu tidak sampai satu persen dari total PDB AS yang mencapai US$ 16 triliun.

Presiden Barack Obama mengharapkan tutupnya pemerintahan tidak berjalan lama. Pasalnya, ekonomi AS semakin terguncang.

Selasa dini hari waktu setempat, secara tak terduga pemerintahan Amerika Serikat (AS) ditutup. Pasalnya, tidak terjadi kesepakatan atas anggaran pemerintah oleh Kongres AS setelah perdebatan panjang antara Partai Demokrat dan Republik.

Akhirnya setelah 17 tahun, pemerintahan AS ditutup lagi. Penutupan ini bukan yang pertama, tapi yang ke-18 kali sejak pertama kali terjadi pada 1976 di bawah pimpinan Presiden Gerald Ford.

 

sumber : finance.detik.com