Paket Kebijakan Jilid IV, Ini Cara Hitung Kenaikan Gaji Buruh Tiap tahun

Paket Kebijakan Jilid IV, Ini Cara Hitung Kenaikan Gaji Buruh Tiap tahun

http://ekbis.sindonews.comJakarta -Pemerintah kembali merilis paket kebijakan ekonomi jilid IV. Paket ini diharapkan bisa menggenjot ekonomi sambil mensejahterakan rakyat.

Ada tiga poin yang diumumkan pemerintah. Pertama adalah cara penghitungan upah minimum provinsi (UMP) untuk buruh di Indonesia.

“Cara menghitungnya adalah UMP tahun ini sebagai dasar penghitungan bagi UMP tahun depan. Jadi UMP tahun ini ditambah kenaikan inflasi, ditambah pertumbuhan ekonomi,” kata Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2015).

Jadi, misalnya inflasi 2015 itu sebesar 5%, dan pertumbuhan ekonomi juga 5%. Maka UMP tahun 2016 adalah UMP saat ini ditambah 10%. (Gaji 2.500.000 + (2.500.000(5%+5%))=Rp. 2.750.000).

“Nanti tahun depannya lagi hitungnya sama, inflasi ditambah pertumbuhan ekonomi. Dihitiung lagi dengan UMP tahun 2016,” ujarnya.

Darmin mengatakan, formula sederhana ini akan berlaku di seluruh Indonesia. Namun ada 8 daerah yang dikecualikan oleh pemerintah.

“Tujuan utama dari penetapan formula ini adalah untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya sambil mensejahterakan buruh yang saat ini sudah punya pekerjaan,” katanya.

 

sumber : finance.detik.com