Nih, Jurus Investasi Bagi Karyawan Agar Sukses di Masa Depan

Nih, Jurus Investasi Bagi Karyawan Agar Sukses di Masa Depan

utang2011Jakarta – Apa anda seorang karyawan? Jika iya, maka impian untuk meraih sesuatu sangat bisa diwujudkan. Terutama bagaimana menikmati masa pensiun yang bahagia dan berkecukupan.

Assistant Vice President Head of Investment, Bancassurance, and Treasury Products Commonwealth Bank Indonesia Rheza Karyanto CFP mengungkapkan sebagai karyawan harus sedini mungkin mempersiapkan pensiunnya.

“Sehingga nanti punya jaminan kehidupan yang layak jika tidak lagi aktif bekerja,” tutur Rheza kepada detikFinance, Selasa (22/10/2013).

Seperti diketahui usia produktif berkerja manusia itu ada batasnya. Menurut Rheza tidak usah minder dengan rekan-rekan yang memiliki usaha sendiri.

“Karyawan justru harus memanfaatkan kelebihan kita diantaranya dengan adanya penghasilan tetap setiap bulan, uang kesehatan serta bonus kinerja kerja. Tentunya hal ini memudahkan kita untuk menabung dan mengumpulkan dana pensiun karena jumlahnya bisa dipertimbangkan sejak dini,” paparnya.

Berikut, beberapa tips investasi bagi para karyawan :

Sisihkan gaji sebanyak 10% – 30% (idealnya) untuk investasi, diluar untuk menabung dan bayar hutang. Uang ini harus diutamakan seperti kewajiban yang harus dibayarkan pertama kali ketika mendapatkan gaji. Untuk memudahkan, gunakan AutoInvest sebagai alat berinvestasi Anda.

Investasi Aman

Rencanakan dengan baik dan dalam jangka waktu panjang. Jangan mudah tergoda tawaran Investasi tidak wajar dengan jaminan keuntungan besar dalam waktu singkat, seperti skema ponzi, piramida, dan permainan uang lainnya.

Jika tidak memiliki keahlian khusus, tidak disarankan berspekulasi lewat futures, valas spekulasi, komoditas serta saham eksotik, dan sebagainya.

Investasi Pintar

Investasi itu bukan hanya uang, kita bisa melakukannya dalam rupa ilmu pengetahuan. Manfaatkan fasilitas perusahaan yang sering memberi training dan pelatihan. Jangan pernah puas untuk menambah pengetahuan tentang investasi. Hal-hal tersebut yang membuat semakin hari kita bertambah pengetahuannya.

 

sumber : finance.detik.com