Ini Dia Investasi Paling Aman, Dijamin 100% oleh Negara

Ini Dia Investasi Paling Aman, Dijamin 100% oleh Negara

sukukJakarta -Surat utang syariah atau sukuk ritel bisa menjadi salah satu pilihan instrumen investasi yang menarik bagi masyarakat. Selain memberikan imbal hasil hingga 8,75% per tahun, investasi di sukuk ritel ada jaminan 100% dari negara. Sebagai contoh sukuk ritel seri SR-006 bertenor 3 tahun.

“Sukuk ritel bisa jadi alternatif investasi. Setiap investasi pasti ada risiko gagal bayar, risiko pasar ada inflasi dan suku bunga tapi untuk sukuk ritel karena dikeluarkan oleh pemerintah jadi dijamin 100% oleh negara. Kalau deposito maksimal dijamin Rp 2 miliar. Saham tidak dijamin,” kata Kasubdit Pengelolaan Transaksi Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan, Wien Irwanto saat acara Edukasi Wartawan Pasar Modal di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (26/2/2014).

Dia menjelaskan, sukuk ritel dinilai lebih menguntungkan dibanding deposito bank BUMN yang rata-rata keuntungannya hanya 7,5%. “Return sukuk ritel di atas deposito bank BUMN ‎​rata-rata 7,5% yieldnya,” kata dia.

Dia menambahkan, saat ini investasi di sukuk ritel sudah banyak diminati masyarakat. Sebagai contoh, sukuk ritel dengan seri SR-006 hingga saat ini sudah terserap 80% dari total target Rp 18,5 triliun.

“Target di agen Rp 18,5 triliun sudah 80% terserap. Ada beberapa agen penjual menambah kuota,” cetusnya.

 

sumber : finance.detik.com