Di Depan Menteri Keuangan Dunia, Sri Mulyani: 2014 Akan Mengecewakan

Di Depan Menteri Keuangan Dunia, Sri Mulyani: 2014 Akan Mengecewakan

World Bank's Managing Director and Chief Operating Officer Sri Mulyani Indrawati listens to a question from a journalist during a news conference in ManaguaJakarta -Sri Mulyani Indrawati, Direktur Pelaksana Bank Dunia, memberikan sambutan dalam acara pertemuan menteri keuangan negara-negara APEC di Beijing (Tiongkok). Perempuan ini mengatakan, 2014 merupakan tahun yang mengecewakan bagi perekonomian.

“Situasi sudah berubah dan 2014 sepertinya akan mengecewakan. Perkirakan pertumbuhan ekonomi global berulang kali direvisi dan sekarang diperkirakan hanya 2,6%,” kata Sri Mulyani dalam sambutannya seperti dikutip dari situs Bank Dunia, Kamis (23/9/2014).

Tidak hanya negara maju, lanjut Sri Mulyani, negara berkembang pun tidak luput dari perlambatan ekonomi. India memang mulai pulih tetapi Tiongkok sepertinya masih bermasalah.

“Kabar baiknya adalah ekonomi India mulai menanjak. Sementara Tiongkok sepertinya masih mengalami penyesuaian ekonomi,” ujarnya.

Di negara-negara berkembang lain, menurut Sri Mulyani, juga ada berbagai masalah. Misalnya pasokan energi yang tidak bisa diandalkan di India, Pakistan, Brasil, dan Filipina. Lalu regulasi perizinan dan pajak yang menyulitkan dunia usaha di Brasil, Bangladesh, dan India.

“Kesimpulannya, proses pemulihan ekonomi global masih rentan dan ada risiko besar. Para pembuat kebijakan harus mengirimkan sinyal optimisme bagi para pelaku ekonomi. Lakukanlah berbagai kebijakan untuk memperkuat fundamental ekonomi,” jelas Sri Mulyani.

 

finance.detik.com