BI: OJK belum siap menerima sistem informasi bank

BI: OJK belum siap menerima sistem informasi bank

JAKARTA. Tugas pengawasan perbankan akan beralih dari Bank Indonesia (BI) ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai 2014 mendatang. Meski tak lama lagi rupanya BI menilai bahwa OJK belum siap menerima peralihan sistem data dan informasi perbankan.

“Untuk proses sistem pelaporan informasi, OJK belum punya dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa mengelola,” sebut Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Sistem Informasi BI, Bramudija Hadinoto, pada Seminar Nasional Urgensi Pengelolaan Data dan Informasi Perbankan Terintegrasi Pasca Terbentuknya OJK, di Hotel Harris, Senin, (8/7).

Bram menyebut, banyak hal teknis pada sistem informasi dan pembayaran perbankan. Misalnya saja, pengelolaan sistem informasi dan software. Menurutnya, OJK cenderung belum cukup andal dalam sistem pelaporan tersebut.

Saat ini, pelaporan perbankan menggunakan satu platform. Ini merupakan standardisasi data berdasarkan atas metode yang diadopsi dari bank sentral Eropa, Jepang, dan negara maju lainnya.

Ia menilai hal ini berbeda dengan pengawasan pada pasar saham dan Industri Keuangan Non Bank (IKNB). Pasalnya, perbankan memiliki sistem yang kompleks dan sangat rapi. “Seandainya sistem ini pindah ke OJK, informasi yang mengalir harus mulus seperti sekarang ini,” ujarnya.

Terdapat 4 isu peralihan dari BI ke OJK. Pertama, yaitu pengalihan penggunaan sistem informasi. Bram menyebut bahwa ini membutuhkan jadwal yang jelas menyangkut migrasi aplikasi, penyiapan data center, penyiapan data, dan pengaturan akses. “Pengaturan akses ini yang belum. Perlu syarat keputusan bersama,” sebut Bram.

Kedua yaitu pengembangan sarana pertukaran informasi secara terintegrasi. Ketiga, pengelolaan sistem pelaporan bank dan penyediaan informasi yang berkualitas, tepat waktu, dan dapat diandalkan. Lalu keempat, kesepahaman tentang perumusan kebutuhan pertukaran data dan informasi dalam rangka makro dan mikro prudensial.

 

sumber : keuangan.kontan.co.id