Anda dirugikan lembaga keuangan? Simak solusinya

Anda dirugikan lembaga keuangan? Simak solusinya

JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan Sistem Pelayanan Konsumen Keuangan Terintegrasi atau Integrated Financial Customer Care (IFCC) kemarin, Jumat (17/5). Layanan ini memudahkan konsumen yang ingin melakukan pengaduan jika melihat ada penyimpangan yang terjadi di sektor Lembaga Jasa Keuangan (LJK).

Ada beberapa hal  patut diperhatikan konsumen jika ingin menggunakan fasilitas tersebut. Berdasarkan rilis resmi OJK, pengaduan akan ditindaklanjuti jika konsumen telah memenuhi prinsip utama layanan pengaduan sebagai berikut.

1. Konsumen telah menyampaikan pengaduan ke LJK dan tanggapan LJK yang bersangkutan (jika ada) untuk kemudian dilanjutkan ke penanganan level berikutnya.

2. Identitas lengkap konsumen (beserta kontak).

3. Deskripsi pengaduan atau kronologis.

4. Bukti pendukung (jika ada)

Apabila data atau informasi tidak dilengkapi oleh pemohon dalam jangka waktu 20 hari, maka pemohon dianggap telah mencabut pengaduannya. Untuk informasi lebih lanjut, konsumen bisa melakukan panggilan ke beberapa nomor yang telah disediakan OJK, yaitu:

Telepon  : (021) 500 – 655, faksimili (021) 386 – 6032 atau via surat elektronik ke konsumen@ojk.go.id. Atau, konsumen bisa langsung mengunjungi alamat berikut: Bidang Edukasi & Perlindungan Konsumen OJK, Menara Radius Prawiro lantai 2, Kompleks Perkantoran Bank Indonesia, Jl. MH Thamrin No. 2, Jakarta 10350.

 

sumber : keuangan.kontan.co.id