Akhir Maret 2014, Simak Ulasan Data Ekonomi Dunia (2)

Akhir Maret 2014, Simak Ulasan Data Ekonomi Dunia (2)

ekonomi_cinaJAKARTA – Henan Putihrai Analytics melaporkan dalam risetnya, di Bursa Efek Indonesia sepanjang pekan ini (24—27 Maret), asing mencatat posisi net buy sebesar Rp713,60 miliar.

Kepemilikan asing di SUN hingga 25 Maret 2014 tercatat sebesar Rp359,59 triliun, meningkat dibandingkan dengan posisi kepemilikan pada awal Maret sebesar  Rp345,51 triliun.

Sektor properti, industri dasar, dan keuangan berada di leading quadrant. Di sisi lain, sektor aneka industri dan perdagangan telah memasuki weakening quadrant, sama seperti sektor pertanian.

Sementara itu, sektor konsumsi masih berada di lagging quadrant pada saat sektor pertambangan dan infrastruktur berada dalam improving quadrant.

Saham-saham yang bertindak sebagai leading movers dalam pergerakan IHSG pekan ini antara lain adalah GGRM, UNVR, BBRI, KLBF, LPPF dan BBNI, sedangkan lagging movers diantaranya ICBP, ASII, LPKR, CPIN, PGAS dan AALI.

PMI Perancis Menguat, Business Confidence Stabil

Aktivitas manufaktur Perancis tanpa diduga menguat pada Maret dengan indeks PMI meningkat ke level 51,9 dari 49,7 pada Februari, yang merupakan level tertinggi sejak Juni 2011. Peningkatan tersebut menandakan bahwa ekonomi Perancis meraih momentum seiring dengan tanda-tanda pemulihan yang ditunjukkan Eurozone.

Sementara itu, business confidence index Perancis untuk periode Maret masih berada di level 100, sama seperti bulan sebelumnya.

Krisis Crimea Tekan Keyakinan Bisnis Jerman

Ifo business confidence index Jerman dilaporkan turun ke level 110,7 poin untuk periode Maret dari level 111,3 pada bulan sebelumnya. Ketegangan politik yang terjadi di Crimea serta krisis pada emerging markets menekan kepercayaan para pelaku bisnis terhadap perkembangan usaha ke depan, tetapi mereka masih cukup puas dengan kondisi bisnis saat ini.

S&P Pangkas Peringkat Kredit Brazil

S&P memangkas peringkat kredit obligasi jangka panjang Brazil menjadi BBB- dari sebelumnya BBB dengan outlook stabil. Hal itu dilakukan seiring dengan lemahnya prospek pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya defisit pemerintah. Menurut S&P, utang pemerintah Brazil meningkat hingga 45% terhadap GDP.

CPI UK Turun ke 1,7%

CPI UK untuk Februari turun ke level terendah sejak Oktober 2009 yaitu sebesar 1,7% yoy dari bulan sebelumnya 1,9%, seiring dengan penurunan harga bensin dan penguatan pound. Menurut Office for National Statistics (ONS), harga bensin turun 0,8p per liter antara Januari dan Februari tahun ini, sedangkan pada periode yang sama tahun lalu terjadi kenaikan harga sebesar 4p per liter.

Consumer Confidence Italia Meningkat

Consumer confidence Italia pada Maret meningkat menyentuh level tertinggi sejak Juni 2011 yaitu menjadi 101,7 dari level 97,7 pada bulan sebelumnya. Konsumen Italia tampaknya menjadi lebih optimis terhadap kondisi ekonomi negara itu ke depan yang mengindikasikan bahwa pemerintah baru dibawah pimpinan Matteo Renzi memberikan dampak positif terhadap national mood.

Bank Dunia: Ekonomi Rusia Dapat Mengalami Kontraksi

Bank Dunia menyatakan bahwa dalam skenario “high-risk”, ekonomi Rusia dapat mengalami kontraksi 1,8% tahun ini jika situasi geopolitik memburuk. Berdasarkan efek jangka pendek dari krisis Crimea, ekonomi Rusia menurut Bank Dunia dapat tumbuh 1,1% tahun ini dan 1,3% pada 2015. Prospek tersebut sangat bergantung pada pemulihan bisnis dan keyakinan konsumen serta bagaimana mengatasi risiko geopolitik.

Aktivitas Manufaktur China Melambat

Aktivitas manufaktur China kembali melambat pada Maret yang mengindikasikan bahwa pertumbuhan ekonomi negara itu pada kuartal pertama akan mengecewakan. HSBC melaporkan data awal indeks PMI China berada di level 48,1 pada Maret, turun dari level 48,5 di bulan sebelumnya, tidak sesuai dengan ekspektasi bahwa akan terjadi pemulihan setelah efek libur Tahun Baru Imlek berakhir.

BOE dan PBOC Raih Kesepakatan Clearing

Bank of England dan People’s Bank of China meraih kesepakatan terkait clearing dan settling perdagangan renminbi di London. Penandatanganan MoU oleh kedua bank sentral tersebut akan dilaksanakan pada 31 Maret yang membuka jalan bagi penunjukan bank kliring untuk renminbi.

 

suumber : www.bisnis.com